11.01.2010

Wisata Indramayu

WISATA ALAM

Pantai Tirtamaya

Indramayu

adalah salah satu tempat rekreasi yang banyak dikunjungi oleh para wisata, selain sebagai pemandian laut yang aman, juga mempunyai panorama yang indah, terutama pada saat terbit dan terbenamnya matahari.
Pantai Tirtamaya terletak dijalur Jalan Raya Indramayu - Cirebon, ± 16 Km dari kota Indramayu atau ± 38 Km dari kota Cirebon.


Pantai Eretan

Indramayu
Juga merupakan salah satu tempat rekreasi yang tidak kalah banyaknya pengunjung dari berbagai daerah, pantai Eretan yang terletak di Kecamatan Kandanghaur ± 39 Km dari kota Indramayu, pantai Eretan juga sebagai Rest Area cocok untuk peristirahatan sejenak melepas lelah dari kepenatan perjalanan baik yang menuju ataupun yang pulang dari Jakarta.
Disepanjang pantai telah ditumbuhi hutan mangrove yang rindang dan juga banyak berdiri Restoran dan Rumah Makan yang siap menyajikan aneka hidangan ikan laut segar.

Pulau Biawak

Indramayu
adalah obyek wisata bahari dengan taman laut dan ikan hias yang indah serta terumbu karang yang asri terdapat di pulau tersebut, pulau Biawak juga dilengkapi dengan pasir putih, tanaman Bakau dan Budidaya rumput laut serta menara Mercusuar yang di bangun oleh ZM. Willem pada tahun 1872 merupakan daya tarik tersendiri.
Aktivitas rekreasi yang dapat dilakukan di pulau Biawak adalah Selam (Diving), Mancing, Snorkeling dan wisata petualangan. Pulau Biawak memiliki luas ± 120 Ha, terletak 40 Km sebelah utara Indramayu yang dapat dijangkau dengan perahu nelayan.



Situ Bojongsari
Indramayu

terletak di pusat Kota Indramayu dengan luas permukaan air ± 6 Ha. Tempat tersebut mempunyai daya tarik tersendiri seperti memancing, berkemah dan rekreasi air yaitu sepeda Air, Perahu Wisata serta Olahraga Dayung.

Situ Bolang

merupakan salah satu tempat wisata alternatif yang mempunyai daya tarik tersendiri, seperti memancing, area perkemahan dan rekreasi air. Tempat tersebut terletak di Desa Jatisura Kecamatan Cikedung ± 20 Km dari kota Indramayu, Situ Bolang juga memiliki nuansa pedesaan yang sangat kental dengan panorama pesawahan, ternak kambing, dan pohon Mangga yang tumbuh disekeliling Situ Bolang yang begitu menyajikan suasana nyaman.

Koloni Kera Banjar

merupakan tempat wisata yang banyak juga dikunjungi oleh para wisatawan karena daya tariknya yang unik berupa koloni kera sejak dahulu sampai sekarang jumlahnya 41 ekor Kera, yang terletak di Desa Bulak Kecamatan Jatibarang 17 Km dari Kota Indramayu.



◊ WISATA KOTA DAN IPTEK

Alun-alun
Indramayu
merupakan Pusat Kota atau biasa dikenal Alun-alun, sekaligus sebagai pusat Pemerintahan Daerah yang merupakan centre point Kota Indramayu. Pada sore hari terutama malam minggu kawasan ini menjadi ramai di kunjungi oleh kawula muda.

Tugu Kijang

berdiri tegar dipersimpangan jalan masuk Kota Indramayu dari arah Cirebon, merupakan gambaran sejarah dari Kijang Emas yang menuntun dan menunjukkan arah letak pedukuhan di muara kali Cimanuk yang menjadi cikal bakal Kabupaten Indramayu.

Tugu Mangga
Indramayu
terletak di persimpangan lima jalan masuk Kota Indramayu dari arah Jakarta. Tugu ini menggambarkan bahwa kota Indramayu sebagai penghasil buah Mangga yang khas, yang menjadi trade mark Indramayu.

Masjid Agung

merupakan karya arsitek beretnis Cina. Masjid Agung Indramayu ini terletak di pusat kota yang berdampingan dengan kantor Pemerintahan Daerah Indramayu.

Kilang Minyak Balongan
Indramayu
merupakan sumber minyak dan gas yang terletak 6 Km, dari pusat Kota Indramayu yang dikelola oleh Pertamina UP.VI. Sebagaimana proses pengolahan minyak mentah menjadi bensin, solar, minyak tanah dan hasil lainnya adalah merupakan daya tarik untuk melakukan wisata IPTEK ke Indramayu.
Keberadaan potensi minyak dan gas di Indramayu telah diprediksikan oleh Raden Aria Wiralodra sebagaimana tercantum dalam Prasasti Aria Wiralodra yang di tulis dalam Bahasa Jawa, sebagai berikut:

"Nanging benjing Allah nyukani, kerahmatan kang linuwih, Darma Ayu mulih harja, tan ana sawiji pertelanya. Yen wonten taksana nyabrang kali Cimanuk, sumur kejayaan deres mili, Delupak murub tanpa patra, sadanya pan mukti malih, somahan lawan prajurit, rowang lawan priagung, samya tentrem atinya, sada haja rumuli, ing sekehing Negara pada harja".

Yang Artinya:
"Akan tetapi kelak nanti Allah melimpahkan, rahmat-Nya yang melimpah, Darma Ayu kembali makmur, tak ada satu hambatan tandanya. Jika ada ular menyebrang Kali Cimanuk, sumur kejayaan mengalir deras, lampu menyala tanpa minyak, semua kembali hidup makmur, manunggal dengan prajurit, membantu penguasa, hidup aman dan tentram, semua kembali makmur, seluruh Negara hidup makmur".



◊ WISATA ROHANI

Ma'had Al-Zaitun
Indramayu
merupakan sebuah pesantren modern terbesar dan termegah di Asia Tenggara luas keseluruhan komplek pesantren ± 1.200 Ha, terletak di Desa Mekarjaya Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu.
Jarak menuju lokasi pesantren ± 182 Km dari Jakarta atau ± 132 Km dari Cirebon. Ma'had Al-Zaitun tidak hanya sebagai pondok pesantren terpadu yang menjadi pusat pendidikan dan pengembangan Budaya Toleransi juga pengembangan Budaya Perdamaian dengan berbagai kelengkapan fasilitasnya. Ma'had Al-Zaitun adalah sebuah tonggak sejarah yang mengimplementasikan terhadap lingkungan yang dapat menjadi pusat perkembangan dinamis, seperti Universitas, pusat penelitian, perusahaan-perusahaan teknologi dan pusat-pusat rekreasi.

Makam Raden Aria Wiralodra

terletak di Desa Sindang (lapangan Krapyak) Kecamatan Sindang ± 500 M sebelah barat pendopo Kabupaten Indramayu. Raden Aria Wiralodra adalah pendiri kota Indramayu yang merupakan salah satu putra dari Raden Gagak Singalodra seorang Adipati dari Bagelen.

Makam Selawe

terletak di Desa Dermayu Kecamatan Sindang ± 1 Km dari Pusat Kota Indramayu. Makam Selawe merupakan makam Pangeran Guru dengan 24 muridnya berasal dari Palembang yang gugur setelah berperang dengan Nyi Mas Endang Dharma. Dinamakan Makam Selawe karena makam tersebut berjumlah 25 Makam.
Keunikan Makam Selawe menurut cerita jumlah makamnya kadang kurang kadang lebih dari 25, konon bagi orang yang dapat menghitung jumlah makam tepat 25, maka orang tersebut akan memperoleh berkah.


Makam Buyut Tambi

terletak di Desa Tambi Kecamatan Sliyeg Jl. Raya Karangampel - Jatibarang ± 20 Km dari Kota Indramayu. Makam Buyut Tambi merupakan salah satu makam yang banyak di datangi para peziarah dari berbagai pelosok dengan tujuan yang berbeda-beda.



◊ SENI DAN BUDAYA

Ngarot

merupakan Upacara Adat Ngarot adalah salah satu Upacara Adat yang sejak abad 16 sampai saat ini masih diselenggarakan oleh masyarakat Desa Lelea setiap menjelang penggarapan sawah. Lokasi penyelenggaraan ± 17 Km dari kota Indramayu. Ngarot atau Kasinoman dilaksanakan setiap hari Rabu, minggu keempat Bulan Nopember. Pelaku Ngarot adalah para muda-mudi dengan kostum yang khas dan aksesoris yang gemerlap merupakan daya tarik even pariwisata. Selain kesenian tradisional, Tari Topeng, Ronggeng Ketuk yang digelar bersamaan, juga dimeriahkan pula dengan pasar malam yang berlangsung selama seminggu.

Nadran

Merupakan mensyukuri hasil tangkapan ikan, mengharap peningkatan hasil di tahun mendatang dan berdo'a agar tidak mendapat aral melintang dalam mencari nafkah di laut, hal ini adalah maksud utama dari Upacara Adat Nadran yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun. Selain upacara ritual adat, kesenian tradisional serta pasar malam pun diselenggarakan selama seminggu.
Umumnya Upacara Adat Nadran diselenggarakan antara bulan Oktober sampai Desember yang bertempat di Pantai Eretan, Dadap, Karangsong, Limbangan, dan Glayem.

Sintren atau Lais

Merupakan salah satu kesenian rakyat yang masih tetap hidup dan berkembang di masyarakat pesisir terutama Pantai Utara. selain nuansa magis, kurungan ayam, menjadi daya tarik kesenian Sintren ini, juga alat musik yang sangat khas berupa buyung, kendi dan bumbung atau batang bambu.

Tari Topeng Dermayon
Indramayu
Merupakan gerak tari yang khas, kostum yang berciri topeng spesifik, membedakan tari topeng Dermayon dibandingkan dengan daerah lain. Indramayu memiliki seorang maestro tari topeng yaitu Ibu Rasinah yang sudah banyak tampil di beberapa even luar negeri.

Kesenian Tarling

Merupakan seni musik dan lagu yang pada awalnya di tampilkan dalam bentuk nyanyian (kiser) yang diiringi oleh gitar dan suling saja.
Indramayu adalah tempat lahirnya kesenian tarling pada abad ke 16, sejalan perkembangan jaman, kesenian tarling mengalami perkembangan dan perubahan yang cepat. Saat ini tarling sudah dilengkapi dengan alat-alat musik yang modern, kendatipun demikian Tarling Klasik kasih banyak diminati oleh wisatawan.

Genjring Akrobat

Merupakan salah satu jenis kesenian tradisional masyarakat Indramayu adalah pertunjukan akrobat atau atraksi dengan media tangga, sepeda beroda satu dan sebagainya. Kesenian Genjring Akrobat dalam penyajiannya diiringi alat musik Genjring atau Rebana dengan dilengkapi tari Rudat.



Sumber: Kantor Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Indramayu
Print Halaman Ini

0 komentar:

Poskan Komentar